Latest Updates

Manfaat Bunga Matahari (Halianthus annuus L.)

Herba yang umurnya kurang dari setahun ini tumbuhnya tegak dengan tinggi 1-3 meter. Berbatang basah dan berbulu, daunnya tunggal bunganya besar dengan mahkota berbentuk pita berwarna kuning disepanjang cawannya. Ditengahnya terdapat bunga-bunga kecil berwarna cokelat.
Khasiat bunga Matahari:
Obat Sakit kepala, ambil 25-30 gram bunga dan 1 butir telur ayam utuh, direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Minumlah sesudah makan 2 x sehari.
Radang payudara, kepala bunga (tanpa biji) dipotong halus kemudian dipotong halus kemudian dijemur. Setelah kering disangrai sampai hangus lalu ditumbuk halus. Minum 3 kali sehari dan untuk setiap minum 10-15gram dicampur dengan arak putih, gula, air hangat, 3 kali sehari. Minum pertama kali harus keluar keringat (pakai selimut).
Reumatik, kepala bunga digodok (kanji), tempelkan dibagian yang sakit.
Disentri,caranya ambil 30 gram biji diseduh, ditim selama 1 jam. Setelah diangkat  tambahkan gula batu secukupnya, lalu diminum.

Sulit buang air besar dan kecil, 15-30 gr akar segar direbus, lalu diminum.
Infeksi saluran kencing, Rebus 30 gr akar, menjelang mendidih, angkat dan minum.
Komposisi:
Bunga mengandung Quercimertrin, helianthside, A,B,C, oleanolicacid.
Biji mengandung a sitosterol, prostagladin E, clorogenic acid, uinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene

0 Response to "Manfaat Bunga Matahari (Halianthus annuus L.)"

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.