Latest Updates

Cara Mencegah Stroke Dengan Lemak Sehat

Akhir-akhir ini banyak orang yang terkena stroke, penyakit ini banyak menghantui usia lanjut. Walaupun usia muda juga bisa terkena akan tetapi rasionya sedikit. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit stroke ini, diantaranya faktor pikiran, faktor makanan dan juga faktor pekerjaan. Faktor terbesar adalah dari lemak yang kita konsumsi. Lemak tersebut termasuk lemak jenuh atau lemak tak jenuh.
Meskipun banyak perhatian telah difokuskan pada pengurangan lemak jenuh dari diet, para peneliti mengatakan Anda harus fokus dua kali lipat dengan mengurangi lemak yang tidak sehat seperti lemak jenuh dan lemak trans dan menggantinya dengan lemak sehat, seperti lemak tak jenuh ganda .

" Temuan kami menyoroti pentingnya mengakhiri ketakutan dari semua lemak. Kami memperkirakan bahwa hampir 50.000 orang Amerika meninggal karena penyakit jantung setiap tahun karena rendahnya asupan minyak nabati, " kata senior study author and dean of the Tufts Friedman School of Nutrition Science and Policy in Boston, dr. Dariush Mozaffarian, seperti dilansir laman Health.

Lemak tak jenuh ganda ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, herring, makarel, dan ikan trout. Selain itu juga, kedelai, tahu, minyak kedelai, minyak jagung, minyak bunga matahari dan biji-bijian, dan kenari. 

Menurut American Heart Association (AHA) ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan telah dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung dan stroke.
Lemak jenuh ditemukan dalam daging dan produk susu. Lemak trans ditemukan dalam olahan, dipanggang dan makanan yang digoreng. Untuk memperkirakan jumlah kematian terkait dengan berbagai pola konsumsi lemak, Mozaffarian dan timnya menggunakan informasi diet dari 186 negara. 

Para peneliti memperkirakan bahwa ada lebih dari 700.000 kematian di seluruh dunia setiap tahun atau sekitar 10 persen kematian akibat penyakit jantung adalah karena makan terlalu sedikit omega-6 lemak tak jenuh ganda yang sehat.

Makan terlalu banyak lemak jenuh menyumbang sekitar 4 persen kematian akibat penyakit jantung. Dan sekitar 8 persen dari kematian penyakit jantung diperkirakan karena kelebihan lemak trans.
Source: jpnn.com

13 Responses to "Cara Mencegah Stroke Dengan Lemak Sehat"

  1. Memang, penyakit ini menjadi momok bagi sebagian orang...penyebab utama stroke adalah akibat dari pola makan yg tidak sehat.

    mari biasakan dengan pola hidup sehat dari sekarang agar kita terhindar dari gangguan berbagai penyakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, selain itu penyakit ini susah dan jangka panjang untuk di sembuhkan,

      Hapus
  2. wah ilmu baru lagi nih, untungnya saya belum terkena, semoga tidak kena deh, dan saya coba tipsnya agar bisa mencegah penyakit stroke sejak dini

    BalasHapus
  3. lemak yang menumpuk dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya penekanan darah yang berlebihan dan jika pembuluh darah pecah maka terjadi lah penyakit struk tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas dzatmiko, tambah jelas postingan saya krn ada penjelasan dr mas zdatmiko

      Hapus
  4. faktor fikiran juga sangat mempengaruhi penyakit strok ini, bukan hanya struk tapi bisa berbagai penyakit timbul dikarenakan fikiran yang negatif dan berlebihan berlarut larut

    BalasHapus
  5. padahal selama ini lemak merupakan pemicu stroke juga, ternyata setelah baca artikel ini.. jadi lain ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Muhammad Guru, makasih ya dah mampir kesini

      Hapus
  6. strok penyakit yang bahaya ya mas, semoga dengan cara iniu bisa membantu bagi semua, amin :)

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.