Latest Updates

Khasiat Aseman (Polygonum chinese Linn)

Tanaman ini tumbuh di tepi jalan pedesaan yang bertanah lembab. Tumbuhnya menjalar, batangnya licin, berwarna ungu, panjangnya kurang lebih 1,5 meter. Pangkal batangnya keras, banyak cabangnya bila menyentuh tanah akan tumbuh akarnya. Daunnya tunggal, bertangkai, warna hijau berbentuk bulat telur, letaknya berseling dengan panjang kurang lebih 7-12 cm. Bentuk daun di dekat tangkai seperti jantung.
Bunganya berkelompok membentuk tandan putih, buahnya buni, bila telah matang berwarna hitam, yang didalamnya ada cairan seperti tinta.
Khasiat :
Obat disentri usus (enteritis), gangguan pencernaan (dyspesial), radang amandel (tonsillitis), radang tenggorokan (pharyngitis), difteri dan batuk rejan. Caranya, rebus 30-60 gr herba segar atau 15-30 herba kering, minum airnya.

Untuk sakit keputihan, ambil 30-60 gram herba segar, ditambah 3-5 kuntum bunga  jengger ayam, tambahkan air secukupnya. rebus hingga tersisa 1/2 gelas. Air ini diminum setiap sebelum makan, 2 x sehari.
Bisul bengkak, 30-60 gram daun segar, direbus. air rebusannya di minum sebagian, dan sisanya digunakan untuk mencuci bagian yang bengkak.
Untuk mengobati Diare, caranya Herba direbus, tambahkan madu lalu di minum.

Komposisi: Akar Aseman var. Thunbergianum mengandung Sakhuchirin.

0 Response to "Khasiat Aseman (Polygonum chinese Linn)"

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.