Latest Updates

Khasiat Tanaman Ajeran

Tanaman Ajeren yang dalam bahasa latin disebut Bidens pilosa L. merupakan jenis tumbuhan yang bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan radang usus buntu, acute infectious hepatitis, rheumatik sendi, berak-berak, radang selaput otak, sakit gigi, radang kulit bernanah, digigit ular, memar terpukul, wasir, gatal-gatal dan koreng.
Tumbuhan liar ini terkadang tumbuh dipinggir jalan atau ditanah kosong yang tidak terpelihara, ditempat panas atau teduh, maupun hidup di daerah yang berlembab. Kadang dipakai sebagai tanaman hias di taman. Tinggi pohon ini mencapai 50 s.d 150 cm batangnya berbentuk persegi waranya hijau dan pada ujung batangnya kadang-kadang berbulu kasar.
Khasiat Tanaman Ajeran:
Sebagai obat radang usus buntu, acute infectious hepatitis, rheumatik sendi, berak-berak/mencret, . Caranya adalah ambil tanaman seluruh nya 60-120 gr, lalu tambahkan bawang putih sekitar 30-60 gr. Campuran tersebut direbus dan bagi dalam 4 dosis.


Mengobati radang selaput otak:
Ambil ajeran 15-30 gram, tambahkan kemuning (murraya paniculata) 30-90 gr. Direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1 1/2 gelas, untuk 2 kali minum (untuk yang agak berat penyakitnya untuk 1 kali minum), 2 x sehari.

Menyembuhkan sakit gigi secara alami: Daun ajeran dikunyah.

Menyembuhkan Kulit bernanah, gigita ular, memar terpukul wasir, gatal-gatal. Lumatkan bahan segar dan tempelkan dibagian yang sakit. Atau bisa juga direbus, airnya untuk mencuci luka yang sakit.
Obat koreng: Daunnya dilayukan diatas api lalu tempelkan ditempat yang luka.

Komposisi tanaman ajeran:
Seluruh tanaman mengandung Phytosterin-B. Sifat kimiawi dan farmakologis tanaman ini pahit, agak dingin, penurun panas (antipiretik), anti radang (anti inflamasi), menghentikan pendarahan dan melancarkan peredaran darah.

0 Response to "Khasiat Tanaman Ajeran"

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.