Latest Updates

Manfaat Alang-alang (Imperata cylindrica beauv)

Tanaman alang-alang berasal dari Afrika, tidak hanya ada di Indonesia tanaman ini sudah menyebar hingga ke Eropa, Turkistan, Afganistan, India, Sri Langka, Malaysia, China dan Jepang bahkan ke Australia. Tanaman ini termasuk dalam jenis rumput-rumputan yang menaun. Akarnya merayap di dalam tanah dan juga bersisik. Tinggi pohon ini bisa mencapai 0,5 s.d 1,5 meter dengan batang yang beruas dan bulat. Bunganya berwarna putih, daunnya sejajar  tunggal berbentuk pita yang panjag sampai 80 cm.
Permukaan maupun tepi daunnya kasap dan tajam, sehingga dapat melukai tangan atau anggota tubuh kita. Tanaman ini berbunga majemuk dengan bentuk malai yang panjangnya 6-30 cm. Warnanya putih, kepalasari juga berwarna putih atau ungu. Akarnya terasa manis dan kadang-kadang juga pahit.


Khasiat alang-alang:
Obat radang umbai usus buntu, pelembut kulit, diuretika dan pembersih darah. Ambil 1/4 genggam akar ilalang segar, 1 potong akar pulai pandak 8 cm sebesar pencil, 1 kepal umbi bidara upas, 6 lembar daun tapak liman, 6 lembar daun kaki kuda dan 1/2 ons gula enau.
Semua bahan dipotong dan dicuci, kemudian direbus dengan air bersih 3 gelas hingga tersisi separuhnya. Setelah dingin, saring dan diminum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
Komposisi alang-alang:
Akarnya mengandung asam kersik, damar dan logam alkali.

0 Response to "Manfaat Alang-alang (Imperata cylindrica beauv)"

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.