Latest Updates

Beberapa Manfaat Bengkoang

Di musim kemarau ini sudah banyak mulai banyak buah bengkonag. Di daerah saya sudah banyak bengkoang, para petani bengkoang menjualnya di pinggir-pinggir jalan sebagai hasil jajan/oleh-oleh setiap orang yang habis bepergian. Lantas apa sih manfaat bengkoang itu bagi kesehatan tubuh kita? Berikut uraiannya sebagaimana yang saya lansir dari laman www.sikeke.com.
  1. Menyetabilkan Gula Darah
    Para penderita diabetes memang sering dipusingkan dengan makanan. Mereka khawatir makanan yang masuk dalam tubuhnya bisa memicu kenaikan gula darah. Salah satu makanan yang bisa dipilihnya adalah bengkoang. Bengkoang memang menawaran rasa yang manis, tetapi rasa manisnya tak akan membuat kadar gula dalam darah anda melonjak naik. Ya, kandungan inulin dalam bengkoanglah yang bisa membuat anda aman saat mengkonsumsinya. Jadi, bagi penderita diabetes yang tak ingin kadar gulanya naik, cobalah manfaat bengkoang dengan mengkonsumsi buah tersebut secara rutin.
  2. Mengatasi Maag
    Maag adalah salah satu gangguan perut yang sering menyerang. Maag biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Mungkin, saat maag menyerang, penderita akan merasa sangat tersiksa. Perut begitu sangat melilit, tetapi saat anda memasukkan makanan, yang ada bukan sembuh yang anda dapat, melainkan anda akan merasa mual. Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag, anda bisa menjadikan bengkoang sebagai solusinya. Manfaat bengkoang salah satunya bisa meredakan maag karena dalam bengkoang mengandung zat yang bernama akali yang bisa menurunkan kadar asam lambung pada tubuh.
  3. Mengobati Sariawan
    Sariawan, salah satu gangguan mulut ini pastinya siap akan membuat penderitanya tak enak makan dan minum. Meskipun tak tergolong sebagai penyakit yang berbahaya, sariawan tetaplah harus anda atasi agar tak menyiksa anda dalam waktu yang lama. Cara mengatasi sariawan adalah dengan mencoba khasiat bengkoang yang konon katanya bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Ya, bengkoang memang mengandung vitamin C yang bisa mengatasi sariawan yang menyerang. Jika anda masih ragu akan manfaat bengkoang sebagai obat alami sariawan, buktikan saja langsung agar anda percaya.
  4. Memperlancar ASI
    Seorang ibu muda pada zaman modern seringkali diterpa masalah ASI yang tak keluar. Makanya, bayinya terpaksa hanya memperoleh asupan dari susu sapi alias susu bayi yang banyak djual di pasaran. Padahal, ada cara yang bisa coba untuk melancarkan ASI, yaitu dengan mengkonsumsi bengkoang. Manfaat bengkoang akan dapat ibu rasakan saat mau mengkonsumsi rutin setiap hari. Pastilah dengan menjadikan bengkoang sebagai buah andalan saat anda menyusui, anda tak akan khawatir bayi anda menangis karena kehabisan susu karena anda tetap bisa memberikan nutrisi pada anak lewat ASI. 
  5. Memperlancar Pencernaan
    Kebanyakan orang di zaman modern sering kali bermasalah dengan organ pencernaannya. Saking banyaknya makanan yang masuk dalam perutnya, organ pencernaanya tidak bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, orang membutuhkan serat agar pencernaan bisa berjalan dengan normal. Anda bisa mendapatkan serat yang cukup dengan mengkonsumsi bengkoang karena bahan alami ini kaya akan serat. Pantas saja jika manfaat bengkoang salah satunya adalah untuk mengatasi sembelit karena serat yang dikandungnya memang cukup banyak. Saat serat cukup, maka BAB akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.
Demikian informasi mengenai manfaat bengkoang bagi tubuh, semoga bermanfaat.

6 Responses to "Beberapa Manfaat Bengkoang"

  1. manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Alya, manfaatnya memang bagus, buahnya mah ga menarik di lihat.

      Hapus
  2. wah saya kayanya kudu konsumsi nih biar ga maag nih. ko di saya belum banyak ya yang jualan. apa krna kekeringan banget gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justri musim panen pada saat kekringan di daerah saya. Tapi hampir finis panennya

      Hapus
  3. Kebetulan saya juga suka makan bengkoang :D

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.